Kelebihan Fintech Lending Dalam Membantu Perkembangan UKM

Kelebihan Fintech Lending Dalam Membantu Perkembangan UKM. Mungkin saat ini sebagian masyarakat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Fintech (financial technology). Sebuah perkembangan teknologi digital baru hasil dari invovasi-inovasi baru membuat semuanya menjadi praktis di segala bidang.

Beberapa bidang di antaranya seperti keuangan, perbankan, dan juga Platform penyedia pinjaman semuanya bisa di akses lebih mudah. Dengan berjalannya perkembangan dunia teknologi keuangan atau fintech ada banyak membawa keuntungan dan membantu pelaku usaha di kalangan masyarakat.

Jenis bantuan yang bisa di dapatkan pun banyak macamnya, seperti pinjaman dana, memberikan kemudahan akses dan pembayaran, atau memberikan kemudahan dalam mengakses di berbagai hal khususnya segi keuangan. Di tengah pandemi saat ini, tentu masyarakat mulai sadar untuk bisa menambah penghasilan mereka dengan membuka sebuah usaha.

Baca Juga: Ingin Mengajukan Pinjaman Online? Pastikan Terdaftar Di OJK dan AFPI

Salah satu usaha tersebut adalah UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) yang banyak di lakukan masyarakat kalangan menengah ke bawah. Dan dengan kehadiran Fintech Lending ini di harapkan bisa membantu dari segi modal usaha. Berikut beberapa Kelebihan Fintech Lending Dalam Membantu Perkembangan UKM.

Kelebihan Fintech Lending Dalam Memudahkan Perkembangan UKM

Kelebihan Fintech Lending Dalam Membantu Perkembangan UKM

Dengan hadirnya fintech di harapkan memberikan bantuan yang beragam kepada masyarakat terutama dalam hal keuangan. khususnya masyarakat yang memiliki UKM, dan hadirnya teknologi keuangan ini di harapkan bisa di jadikan sebagai solusi dalam permasalahan keuangan.

1. Fintech Sebagai Platform Penyedia Pinjaman

Kehadiran fintech di harapkan bisa membantu kepada pelaku UKM dalam masalah keuangan khusunya dalam hal modal untuk mengembangkan usaha mereka. Sebelum kehadiran fintech biasanya pelaku UKM harus melakukan pinjaman ke bank atau lembaga penyedia pinjaman lainnya.

Dan biasanya melakukan pinjaman di bank membutuhkan berbagai proses yang cukup rumit dari segi administrasi dan sebagainya. Di tambah waktu pengajuan, pengecekan data hingga ketika harus di butuhkan tambahan survey butuh waktu yang cukup lama. Terlebih lagi jika sudah melakukan segala hal namun pengajuan malah di tolak, hanya keputus asaan yang kita rasakan.

Maka dari itu dengan berkembangnya dunia digital dan kehadiran platform fintech, seperti menawarkan hal baru bagi pelaku bisnis yang membutuhkan tambahan dana atau modal usaha. Saat ini sudah banyak sekali platform yang bisa di pilih untuk memenuhi kebutuhan pinjaman tersebut. Serta ada beragam pilihan jenis penawaran produk yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Hal ini tentu sangat membatu khususnya bagi para UKM untuk mendapatkan dana segar berupa pinjaman yang mereka butuhkan untuk kebutuhan dan kemajuan bisnisnya. Namun perlu di perhatikan juga dalam mengajukan pinjaman sebaiknya dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar cicilan.

2. Proses Mudah

Sebagian orang tentu tidak ingin pengajuan nya membutuhkan proses yang lama. Apalagi jika kita memang sedang membutuhkan dana pinjaman dengan segera. Lebih bagus jika prosesnya bisa di lakukan dengan cara yang mudah dan cepat. Selain tidak menghabiskan waktu, energi juga tidak akan terkuras untuk proses pengajuan pinjaman saja.

Maka dari itu dengan kehadiran fintech saat ini, sangat membatu masyarakat dalam memperoleh pinjaman secara mudah dan cepat. Serta prosesnya pun bisa di lakukan secara online tanpa harus mengunjungi lokasi langsung penyedia dana. Tentu ini pun sangat membatu di tengah keadaan pandemi saat ini.

Kemudahan akses yang bisa di lakukan lewat gadget, baik ponsel maupun PC (komputer). Serta proses dan persyaratannya pun cukup mudah di lakukan, sekali pun kita adalah orang awam pasti bisa melakukannya karena mudah untuk di pahami. Itulah kenapa saat ini banyak orang yang mulai beralih melakukan pinjaman di platform fintech lending.

Baca Juga: Penyebab Pengajuan KPR Ditolak! Ini 6 Alasannya

3. Proses Pembayaran Aman Dan Mudah

Tentu saat ini kita rasakan bahwa perkembangan jaringan iklan atau advertising saat ini lebih mengandalkan dan banyak muncul di internet. Dari mulai mengandalkan sebuah mitra atau pengambilan program afiliasi. Hal tersebut tentu tidak akan lepas dari proses pembayaran yang harus di lakukan oleh perusahaan secara massal.

Jika sebelumnya hal tersebut teras sulit di lakukan, namun dengan kehadiran fintech proses tersebut jauh lebih mudah di lakukan. Tidak ada lagi proses pembayaran yang sulit apalagi bisa di lakukan secara massal dan tentu dengan jaminan keamanan. Bahkan peraturan yang ada pun sudah layaknya peraturan pada sebuah bank dan sudah menerapkan keamanan dengan sistem yang canggih.

Bukan hanya itu saja kehadiran fintech membuat para pelaku UKM dengan mudah untuk melakukan pengecekan setiap pembayaran yang ada. Dan tidak perlu waktu lama dan proses yang sulit, pelaku UKM bisa mengatur apapun yang bersangkutan dengan keuangan seperti proses pembayaran secara lebih transparan.

Selain itu ada juga kemudahan dalam membayar tagihan bagi para pelaku UKM. Jika sebelumnya untuk melakukan pembayaran tagihan kepada pihak peminjam butuh proses yang rumit untuk menyiapkan segala sesuatunya. Maka saat ini untuk melakukan pembayaran pun tidak perlu lagi melakukan hal sesulit itu. Bahkan semuanya bisa di lakukan hanya dalam satu genggaman dalam ponsel pintar.

Kesimpulan Kelebihan Fintech Lending Dalam Membantu Perkembangan UKM

Dengan kehadiran dunia teknologi yang semakin maju khususnya dalam keuangan. Benar-benar membawa banyak manfaat bagi masyarakat luas. Khususnya bagi para pelaku UKM saat ini, yang dapat mengembangkan bisnisnya dengan mudah. Atau pun para pelaku usaha yang ingin mendapatkan tambahan modal.

Namun dengan sesuatu yang di lakukan dengan mudah, tidak sedikit masyarakat terlena dan melupakan hal penting yang harus di perhatikan. Di mana hal ini berkaitan dengan pemilihan platform fintech yang sesuai dan dapat di andalkan. Karena jika kita salah memilih bisa terjadi bukan malah keuntungan yang di dapatkan namun hanya kerugian saja.

Fintech memang bisa membantu dalam perkembangan UKM. Namun dari sisi kita pun harus tahu dalam menentukan mana fintech terbaik. Agar usaha yang kita jalankan bisa berkembang dan lancar.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *