Tips Aman Menabung Uang Dibank

Tips Aman Menabung Uang Dibank

Tips Aman Menabung Uang Dibank – Zaman dulu masih banyak orang yang menyimpan uang dalam lemari atau pun bawah bantal kasur. Hal tersebut saat ini sudah jarang di lakukan karena menyimpan uang dengan cara tersebut memiliki resiko tinggi seperti hilang akibat di curi, terjadi kebakaran dan juga beresiko robek akibat di makan rayap.

Mungkin untuk saat ini menyimpan uang atau menabung di bank menjadi cara aman. Selain aman menyimpan uang sebagai tabungan tentu saja bermanfaat untuk bisa di gunakan berbagai hal.

Contohnya saja melakukan pembayaran online, menajukan pinjaman, penyaluran bantuan (BLT) dari pemerintah menjadi lebih mudah dan masih banyak kegunaan lainnya.

Namun, walaupun di katakan cukup aman kita sebagai nasabah tetap harus waspada dan berhati-hati terhadap resiko yang tidak di inginkan nantinya. Karena banyak juga modus oknum yang tidak bertanggung jawab yang bisa membobol rekening bank tabungan kita. Hal ini tentu sudah banyak kabar yang beredar juga.

Baca Juga: Cara Naik Limit Kartu Kredit

Maka dari itu ada sedikit Tips yang mungkin bisa di terapkan oleh kita semua untuk berjaga-jaga dan berhati-hati dari hal-hal yang tidak di inginkan:

Cara Aman Menyimpan Uang di Bank

1. Periksa Saldo Secara Rutin

Jika kita sudah menggunakan layanan bank untuk menabung usahakan cek secara berkala tabungan tersebut idealnya bisa sebulan sekali. Jika malas pergi ke bank usahakan memanfaatkan layanan internet banking atau mobile banking untuk cek ke menu saldo yang sudah di sediakan oleh masing-masing bank.

Namun, jika belum mempunyai fasilitas tersebut silakan datang ke bank langsung dan meminta print out buku tabungannya.

2. Bedakan PIN Satu Dengan Lainnya

Mungkin sebagian orang melakukan metode membuat PIN dengan digit yang sama pada semua akun, mungkin di lakukan agar mudah di ingat dan tidak lupa. Namun sebetulnya metode tersebut justru sangat rawan. Karena jika salah satu akun berhasil di bobol maka akun lainnya pun kemungkinan bernasib sama karena menggunakan PIN yang sama.

Di tambah lagi dengan menggunakan PIN angka yang mudah di tebak. Untuk mencegah hal tersebut pastikan menggunakan PIN yang berbeda pada semua akun dan buat PIN yang tidak mudah di tebak seperti tanggal lahir.

Jika memang di rasa sulit untuk di ingat maka bisa kita catat dan simpan catatan tersebut secara rapih dan tidak memberitahukan ke siapapun.

3. Memilih Bank Terpercaya

Di indonesia khususnya saat ini ada banyak bank menawarkan fasilitas untuk membuat tabungan penyimpanan uang. Namun, alangkah baiknya jika kita ingin memulai untuk membuat sebuah rekening tabungan terlebih dahulu mencari info dan memilih bank yang di rasa memang terpercaya dan memiliki tingkat keamanan data yang tinggi.

Pilih bank yang kredibilitasnya baikl artinya seperti tidak ada khasus pembobolan. Dan kita pun harus memastikan bahwa bank yang kita pilih sebagai peserta dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Untuk menghindari ketika bank tersebut gagal atau bangkrut di kemudian hari, tabungan yang kita miliki akan di ganti oleh LPS. Biasanya nilai simpanan yang di jamin berkisar maksimal Rp.2 Miliar.

Baca Juga: Ingin Mengajukan Pinjaman KTA? Pastikan Terpenuhi 5 Syarat Ini!

4. Amankan Buku Tabungan, Kartu ATM Dan Akun Banking

Jika kita sudah membuka rekening tabungan di sebuah bank umumnya akan di berikan buku tabungan dan kartu ATM. Untuk itu yang harus kita lakukan adalah menyimpannya dengan baik. Jangan sampai hilang dan berpindah tangan kepada orang lain yang tentu berpotensi akan di salah gunakan. Apalagi jika orang tersebut tahu PIN atm kita.

Kemudian jika sekiranya pada saat kita membuka rekening tabungan sudah di buatkan fasilitas akun untuk login ke menu internet banking atau mobile banking, pastikan selalu menjaga data kerahasiaan akun pribadi kita, seperti user ID, Password,  Kode OTP, PIN dan lain sebagainya.

5. Menyimpan Uang Dibeberapa Bank

Umumnya untuk saat ini satu orang nasabah akan memiliki beberapa tabungan di berbagai bank. Selain untuk mempermudahkan pengaturan penyimpanan untuk beberapa kategori seperti, bank A tabungan untuk dana darurat, Bank B tabungan DP rumah, dan lain sebagainya.

Ternyata hal ini pun menjadi hal yang tepat untuk menghindari pembobolan bertubi-tubi, sehingga jika terjadi pembobolan di akun yang satu, maka untuk akun yang lain akan tetap aman.

Itulah sedikit Tips Aman Menabung Uang Dibank atau Menyimpan Uang Dibank. Dan ingat di karekan seiring berkembangnya kecanggihan teknologi saat ini kita di sarankan tetap harus waspada dan tidak selalu mudah mempercayai orang lain. Apalagi jika menyangkut masalah keuangan kita harus bisa memilah dan memilih mana yang baik dan buruk.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *