Cara Sukses Bisnis Bulan Ramadhan

Cara Sukses Bisnis Bulan Ramadhan

Cara Sukses Bisnis Bulan Ramadhan – Bulan ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah, karena itu banyak umat muslim yang menjalankan ibadah puasa pada bulan tersebut dan berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Bulan penuh keberkahan ini pun akan banyak di rasakan manfaatnya bagi para pembisnis. Karena pada bulan ini ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa di lakukan.

Biasanya bisnis ini bisa di sebut sebagai bisnis musiman. Krena sifatnya hanya sementara dan akan banyak di minati oleh masyarakat hanya pada bulan ramadhan saja. Namun bisnis musiman pada bulan ramadhan akan sangat berpotensi untuk bisa meraup keuntungan yang sangat menjanjikan. Karena biasanya tingkat daya beli masyarakat akan meningkat pada bulan ramadhan sampai menjelang hari lebaran.

Oleh karena itu moment ini bisa menjadi peluang yang tepat khususnya bagi para pelaku bisnis untuk bisa meraup penghasilan tambahan. Namun pada moment inipun biasanya akan banyak sekali pesaing bisnis bermunculan. Maka dari itu di butuhkan beberapa cara agar bisnis yang kita lakukan tidak kalah.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Berkah Bulan Ramadhan

Cara Sukses Bisnis Bulan Ramadhan:

1. Memilih Produk Yang Diminati

Mungkin kita sudah tahu bahwa untuk memulai sebuah bisnis, salah satunya adalah kita harus mempunyai produk yang bisa di tawarkan kepada konsumen. Inilah menjadi salah satu hal yang penting, kita harus bisa memilih sebuah produk yang banyak di minati pada moment ini. Sehingga jenis produk yang kita pilih bisa laris manis, di sukai, di minati dan di beli banyak orang.

Contohnya bisnis produk yang akan banyak diminati pada bulan ramadhan adalah:

  • Makanan: Seperti menjual takjil, katering, es buah, makanan sahur dan lain sebagainya.
  • Pakaian Muslim: Seperti menjual Baju Koko, Baju Gamis, Baju Anak-Anak Muslim, Baju Muslimah, Hijab dan lainnya.
  • Perlengkapan Ibadah: Seperti Menjual Mukenah, Sarung, peci, kopeah, Sajadah, Quran, Tasbih dan lainnya.
  • Tambahan Lainnya: Seperti menjual kurma, ketupat, parcel, kue lebaran, sembako, dan lainnya

2. Melakukan Promosi Offline dan Online

Hal yang wajib di lakukan ketika memulai sebuah bisnis adalah melakukan promosi, hal ini tentu saja di lakukan agar produk yang kita jual bisa di ketahui oleh konsumen. Nah kita bisa melakukan promosi tersebut secara offline maupun online.

Apalagi ketika bisnis yang di lakukan adalah musiman dan hanya memilik waktu yang singkat namun memiliki persaingan yang ketat.

Contoh promosi bisnis Offline:

  • Kita bisa infokan sebuah bisnis yang kita jalani kepada keluarga, teman, tetangga atau lainnya bisa langsung maupun melalui Whatsapp yang ada di no kontak pada ponsel kita.
  • Kita bisa menginfokan bisnis kita melalui spanduk atau tulisan print laminating besar maupun kecil, lalu menempelkannya di depan rumah maupun tempat lain yang layak di lihat konsumen.

Baca Juga: Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi

Contoh promosi bisnis Online:

  • Kita bisa mempromosikannya melalui akun sosial media kita seperti facebook, instagram, twitter, tiktok dan lainnya.
  • Coba bergabung melalui e-commerce atau aplikasi jualan online, lalu memposting produk kita dengan foto atau video yang menarik konsumen.
  • Jika kita mempunyai modal lebih, kita bisa memulai sebuah iklan berbayar online untuk memperkenalkan produk kita kepada konsumen secara luas dan tepat sasaran.
  • Memulai mengadakan sebuah kuis atau giveaway untuk menarik minat konsumen atau bisa memberikan sebuah promo berupa diskon, gratis ongkir atau hadiah langsung.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *