Dapat Uang Dari Pinjol Ilegal Tiba-tiba, Ini Yang Harus Dilakukan

Dapat Uang Dari Pinjol Ilegal Tiba-tiba, Ini Yang Harus Dilakukan

Dapat Uang Dari Pinjol Ilegal Tiba-tiba, Ini Yang Harus Dilakukan. Semakin berkembangnya dunia fintech lending membuat banyaknya fintech lending ilegal memanfaatkan hal ini. Fintech Lending Ilegal atau Pinjol Ilegal begitu pintar mencari kesempatan dalam kesempitan dengan menawarkan pinjaman online yang memang kini banyak di minati masyarakat.

Banyak akal dan cara licik yang di lakukan untuk menjerat korbannya. Dan saat ini marak muncul modus baru dari perusahaan pinjol abal-abal tersebut. Sehingga membuat masyarakat semakin takut dengan adanya fintech lending ilegal ini.

Beberapa di antara modus pinjol ilegal yang telah berhasil di ungkapkan oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Di antaranya adalah:

  • Korban tiba-tiba mendapatkan uang yang di transfer pinjol ilegal, padahal korban sebelumnya tidak pernah mengajukan pinjaman online kemanapun.
  • Tidak lama kemudian, adanya penagihan dari debt collector dalam jumlah besar.
  • Pinjaman Online Ilegal akan berkomplot, dan menyarankan nasabah untuk melakukan pinjaman lain untuk melunasi utang.

Namun bagaimana mereka bisa mengetahui no rekening kita? Ternyata hal ini mungkin saja bisa terjadi jika sebelumnya sudah pernah mendownload aplikasi pinjol ilegal. Dan otomatis kita sudah memberikan ijin memberikan akses ke kontak maupun data pribadi yang ada di HP, termasuk salah satunya no rekening.

Ataupun yang lebih parah lagi ketika data kita di salah gunakan, seperti data pribadi, no rekening di retas maupun di jual oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Atau pun ketika kita tidak mampu membayar pinjaman A, maka kita di sarankan untuk melakukan pinjaman terlebih dahulu ke pinjaman B atau C.

Namun semua itu bukan membantu, malah memperburuk keadaan, yang terjadi mereka melakukan penipunan dan melakukan pemerasan.

Baca Juga: Memahami Investasi P2P Lending! Ini Untung Rugi Dan Cara Kerjanya

Pinjol Ilegal Akan Menawarkan Pinjaman Melalui SMS/WA

Pinjol Ilegal Akan Menawarkan Pinjaman Melalui SMS/WA
Instagram Resmi OJK: https://www.instagram.com/p/CQaeFeDFBRq/

Kita mungkin sering mendapatkan tawaran pinjaman online melalui SMS atau WhatsApp? Yang biasanya berisi tawaran pinjaman dengan bunga ringan, plafon pinjaman dengan limit besar, serta proses mudah dan cepat cair. Hal ini harus kita hindari dan jangan sampai mudah tertipu atau tergiur olehnya.

Seperti yang sudah di jelaskan melalui Instagram resmi OJK bahwa “Segala bentuk penawaran pinjol lewat SMS dan WhatsApp adalah ilegal. Karena pinjol legal, pemasarannya di larang menggunakan media tersebut“.

Lakukan Ini Jika Mendapat Tawaran Pinjaman Melalui SMS/WA

Jika kita sewaktu-waktu mendapatkan pesan tawaran pinjol lewat SMS dan WhatsApp, lakukan hal ini agar terhindar dari penipuan:

  1. Jangan pernah klik tautan link atau bahkan menghubungi kontak yang ada pada SMS atau WA penawaran pinjol ilegal tersebut.
  2. Langsung hapus dan blokir nomor tersebut bila menerima SMS atau WA tawaran pinjaman online, karena sudah pasti itu perusahaan atau pinjol ilegal.
  3. Pastikan selalu melakukan pengecekan legalitas pinjol ke OJK sebelum mengajukan pinjaman.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Dapat Uang Dari Pinjol Ilegal Tiba-tiba Tanpa Pengajuan Sebelumnya?

1. Jangan Gunakan! Simpan Uangnya Ketika Dapat Uang Dari Pinjol Ilegal Tiba-tiba

Ketika kita mengecek ada uang yang masuk ke rekening tabungan kita dari pinjol ilegal atau tidak terdaftar di OJK. Tetap simpan uangnya, jangan pernah sekali-kali untuk menggunakan atau memakai uang tersebut. Apalagi di transfer ke rekening lain atau rekening orang lain.

2. Ketika Dapat Uang Dari Pinjol Ilegal Tiba-tiba Dan Ditagih, Katakan

Ketika ada penagihan atas pinjaman tersebut, sampaikan saja bahwa kita tidak pernah merasa meminjam. Dan siap mengembalikan uang tersebut sesuai nominal yang di terima sebelumnya. Kalau penagih masih ngotot juga, tanyakan nama perusahaan pinjolnya, nama akun yang terdaftar, dan surat perjanjian pinjaman.

3. Kembalikan Langsung Uang Ke Kantor Pinjol Yang Bersangkutan

Jika akan melakukan pengembalian uang, usahakan langsung ke alamat kantor perusahaan pinjol tersebut dan sesuai dengan jumlah yang di terima. Hindari pengembalian uang melalui no rekening penagih (debt collector) maupun lewat aplikasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari penipuan berikutnya.

4. Memblokir Kontak Penagih

Jika dalam hal penagihan di sertai unsur kekerasan, seperti teror, intimidasi, pelecehan, dan sebagainya, lakukan blokir nomor kontak semua penagih tersebut.

5. Beritahu Semua Kontak Yang Ada Di HP

Ketika penagihan pinjaman online sudah di lakukan, maka usahakan kita memberi tahu kepada seluruh kontak di hp kita untuk mengabaikan pesan maupun telepon dari penagih perusahaan pinjol ilegal tersebut. Katakan juga bahwa sebenarnya kita tidak pernah meminjam uang di aplikasi pinjol manampun.

Baca Juga: Hati-Hati Fintech Pinjaman Online Ilegal Sebar Data Pribadi

6. Jika Perlu Melaporkan Hal Tersebut Ke Polisi Dan SWI

Jika kita selalu di kejar-kejar penagih dari perusahaan pinjol ilegal padahal ini buka sesuatu yang kita lakukan. Segera laporkan ke pihak kepolisian agar bisa di proses secara hukum. Buat sebuah laporan kejadian ke Polres dan Polda di wilayah tempat kita tinggal atau bisa juga melalui:

Dan Juga laporkan ke Satgas Waspada Investasi (SWI) untuk pemblokiran.

7. Kirimkan LP (Laporan Polisi) Pada Kontak Penagih Yang Muncul

Silakan kirimkan bukti laporan polisi jika memang pihak penagih dari perusahaan pinjol ilegal masih bersikeras dengan ancaman-ancaman yang sudah di lakukan. Agar mereka tahu bahwa kita sudah melaporkan mereka kepada pihak yang berwajib.

Kesimpulan Ketika Dapat Uang Dari Pinjol Ilegal Tiba-tiba

Jika kita berurusan dengan Pinjaman online ilegal maka harus siap-siap keuangan dan hidup akan sengsara. Meminjam uang nya tidak seberapa namun sialnya luar biasa. Bayangkan kita akan di bebankan bunga yang mencekik 2-3% per hari, biaya pinjaman yang besar, dan tenor yang pendek.

Bahkan Perjanjian pinjaman pun bisa berbeda dan berubah di tengah jalan, sehingga tentu saja akan merugikan. Inilah yang menjadikan kita ketika sudah berurusan dengan pinjol ilegal akan mengalami gali lubang tutup lubang dan kebangkrutan.

Maka dari itu, usahakan jangan pernah mencoba mengakses, apalagi mengajukan pinjaman pada fintech lending ilegal. Karena Sekali kita mengunduh, maka otomatis semua data pribadi yang ada bisa di ambil dan di salahgunakan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *