Lakukan Ini Agar Biaya Pernikahan Terkumpul Dengan Baik

Lakukan Ini Agar Biaya Pernikahan Terkumpul Dengan Baik

Lakukan Ini Agar Biaya Pernikahan Terkumpul Dengan Baik – Salah satu faktor yang wajib di rencanakan ketika ingin melakukan pernikahan adalah besaran biaya yang di butuhan. Faktor inilah yang mungkin biasanya membuat kebanyakan pasangan menjadi gagal melangsungkan acara pernikahan.

Karena terkendala besarnya biaya yang harus di keluarkan untuk mengadakan acara pernikahan tersebut. Walaupun kalian memiliki rencana pernikahan dengan konsep minimalis dan sederhana biaya pernikahan tetap harus terkonsep dalam menyiapkan dana pernikahan.

Bahkan Ijab Kabul dan KUA pun membutuhkan biaya. Jangan sampai karena perecanaan anggaran yang kurang baik kalian dan pasangan kalian gagal menikah dan gagal dalam menggelar acara pernikahan tersebut. Mungkin inilah yang harus kalian,

Baca Juga : Lakukan Ini Untuk Memulai Bisnis Kecil Dimasa Resesi

Lakukan Ini Agar Biaya Pernikahan Terkumpul Dengan Baik

1. Membuat Konsep Pernikahan

Biaya yang akan di keluarkan tentu akan bergantung bagaimana kalian membuat konsep yang akan digelar dari pernikahan tersebut. Jika kalian ingin menggelar acara pernikahan dengan konsep yang mewah tentu akan memakan biaya yang mahal. Namun jika kalian membuat konsep acara pernikahan yang sederhana dan minimalis maka biayanya pun akan lebih murah. 

Maka dari itu, sebaiknya konsep pernikahan yang akan kalian langsungkan dengan pasangan kalian memilih konsep yang sesuai dengan kemampuan keuangan atau financial kalian. Jangan pernah memaksakan mengelar konsep acara yang mewah namun uang kalian terbatas sudah pasti yang terjadi adalah melakukan pinjaman tentu ini tidak baik.

2. Jangan Sering-Sering Melakukan Kencan

Sebelum menuju kejenjang acara pernikahan biasanya masih dalam tahap berpacaran. Pacaran disini biasanya dijadikan sebagai jenjang dimana kalian bisa saling mengenal satu sama lain dan mengenal keluarga masing-masing pasangan.

Nah ini hal yang wajib dilakukan bagi pasangan yang ingin segera melangsungkan acara pernikahan sebaiknya hindari melakukan kencan, jalan bareng, makan bareng, nonton bioskop bareng dan hal-hal lain terlalu sering. Tentu saja tujuannya adalah untuk lebih menghemat biaya yang akan di keluarkan pada saat melakukan kegiatan tersebut.

Lebih baik yang biasanya kalian dan pasangan kalian keluarkan untuk melakukan kegiatan tersebut dijadikan tambahan tabungan kalian ini akan lebih baik dan biaya pernikahan pun akan cepat terkumpul. Jika hanya sekedar ingin bertemu atau bertatap muka kalian bisa lakukan di rumah dan video call.

Jika langsung kerumah pun akan lebih baik jadi kalian bisa lebih mengenal tentang keluarga dari pasangan kalian. Yang terpenting kalian dan pasangan kalian tetap menjaga komunikasi dan berdiskusi dalam membahas rencana pernikahan.

3. Cari Dana Tambahan

Cara alternatif yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan apa pun itu jika memang tidak mengganggu pekerjaan utama kalian. Dan tentu saja jika kalian melakukan hal tersebut kalian bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain dari penghasilan dari pekerjaan utama kalian.

Contohnya saja yang bisa kalian serta pasangan kalian lakukan adalah seperti membangun bisnis online, menjadi reseller atau dropshipper, menjadi freelancer, menjadi guru les privat dan masih banyak pekerjaan sampingan lainnya yang bisa di lakukan.

Apapun keahlian yang kalian miliki tentu saja bisa kalian jual agar menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Lakukan hal tersebut di saat waktu luang, seperti setelah kalian pulang kantor maupun pada hari weekend.

Baca Juga: Transaksi Kartu Kredit Supaya Aman

4. Menunda Rencana Liburan

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya Jangan Sering-Sering Melakukan Kencan, liburan pun menjadi salah satu faktor utama pemborosan apalagi bagi pasangan yang memang memiliki hobi jalan-jalan. Sebaiknya batalkan semua rencana tersebut hal ini dilakukan agar biaya pernikahan kalian bisa segera terkumpul.

Toh jika pun kalian sudah melangsungkan acara pernikahan kalian masih bisa melakukan travelling bersama dan tentu saja itu lebih berkesan karena bisa dijadikan honeymoon bersama.

Namun jika acara travelling tersebut bisa membuat kalian menghasilkan tambahan pundi-pundi uang boleh kalian lakukan, seperti untuk melakukan suatu pekerjaan yang menghasilkan. Misalnya saja freelance fotografi, dan lainnya.

5. Sama-Sama Memulai Berinvestasi

Hal lainnya yang bisa kalian lakukan untuk bisa menambah biaya pernikahan agar cepat terkumpul adalah memulai investasi. Usahakan kalian serta pasangan bisa menyisihkan 20% dari gaji bulanan kalian untuk melakukan investasi. Carilah investasi yang dapat memenuhi target biaya pernikahan kalian.

Misalnya saja dengan melakukan investasi emas. Selain bisa dijual kapan saja jika sewaktu-waktu kalian membutuhkan uang tunai. Emas juga bisa kalian jadikan sebagai mas kawin atau mahar untuk proses pernikahan kalian. Lakukan investasi apapun itu jika memungkinkan menguntungkan bagi kalian.

Namun yang perlu kalian perhatikan dan membuat hal-hal tersebut bisa berhasil kunci utama nya adalah ada pada diri kalian dan pasangan kalian. Karena perlu nya rasa saling mendukung satu sama lain untuk merencanakan konsep pernikahan yang sakral tersebut.

Jika salah satu dari kalian ada yang goyah untuk bisa berhemat segera berikan semangat berupa motivasi-motivasi apapun itu. Jadi tetaplah saling berkomunikasi, komitmen, dan semangat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *