Ingin Cepat Melunasi Hutang? Terapkan Metode Ini

Ingin Cepat Melunasi Hutang? Terapkan Metode Ini – Semua orang pasti menginginkan dalam hidupnya tidak pernah ada hutang. Karena hidup bebas dari hutang tampaknya sangat menyenangkan. Kita tidak perlu memikirkan kewajiban untuk membayar hutang, yang perlu di pikirkan hanyalah memenuhi kebutuhan pokok.

Namun hal ini mungkin sangat sulit di lakukan sebagian orang, karena selain semakin terus mahalnya biaya hidup yang tidak sebanding dengan peningkatan pendapatan. Inilah yang mengakibatkan sebagian orang harus rela berhutang bahkan malah membuat hutang menumpuk di mana-mana.

Bahkan untuk menabung atau berinvestasi pun kadang sulit di lakukan. Karena pendapatan atau penghasilan pun habis hanya untuk membayar cicilan hutang saja. Kadang kala saat pinjaman atau hutang lunas pun, ada kemungkinan untuk berhutang kembali untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga: Cara Hebat Mengatur Keuangan Agar Lebih Baik

Nah buat kita khususnya yang ingin terbebas dari hutang atau Ingin Cepat Melunasi Hutang, ada beberapa metode yang bisa di terapkan. Apa saja metodenya, mari kita membahasnya sama-sama.

Cara Cepat Melunasi Hutang

Ingin Cepat Melunasi Hutang? Terapkan Metode Ini

1. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika penghasilan yang kita dapatkan setiap bulannya di rasa tidak cukup, maka solusi yang tepat adalah mencari penghasilan tambahan. Caranya yaitu dengan mencari pekerjaan sampingan. Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa di jadikan sebagai opsi pekerjaan sampingan. Diantaranya adalah berjualan online, menjadi reseller, berjualan pulsa, atau menjadi seorang freelancer.

Jual apa pun keahlian yang bisa menghasilkan, Dari hasil kerja sampingan tersebut nantinya bisa langsung untuk melunasi hutang. Jika beruntung dan memperoleh penghasilan besar, maka bisa sisihkan sebagian untuk melakukan investasi. Agar uang yang di dapatkan bisa berkembang dan tidak habis sia-sia untuk hal-hal yang kurang penting.

Yang terpenting adalah memfokuskan penghasilan dari kerja sampingan tersebut untuk membayar dan melunasi hutang yang ada, agar bisa lebih cepat lunas.

2. Gunakan Tabungan Jika Ada

Jika penghasilan dari pekerjaan tetap dan sampingan di rasa masih kurang cukup, maka solusi alternatif lainnya adalah menggunakan sedikit tabungan. Gunakan sedikit saja tabungan untuk bisa melunasi hutang agar porsi hutang bisa menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Tabungan di sini sebenarnya alternatif sebagai cadangan ketika memang keadaan keuangan sedang tidak baik (sekarat). Tetapi membayar hutang wajib di lakukan setiap bulannya. Usahakan gunakan tabungan tidak setiap bulan untuk membayar hutang, jika tidak ingin tabungan tergerus habis.

Ini pun menjadi hal penting sebagai catatan bahwa kita semua seharunya memiliki tabungan. Karena akan ada banyak hal tak terduga dalam keuangan kita nantinya.

3. Manfaatkan Keuntungan Investasi

Jika kita salah satu orang yang rajin berinvestasi hal tersebut tentu saja sangat baik. Jadi kita bisa memanfaatkan keuntungan dari investasi seperti deposito, P2P Leanding, reksadana, atau pun saham yang bisa di alokasikan untuk membayar hutang.

Cara ini terbilang sangat bagus, karena kita menggunakan keuntungan dari hasil investasi bukan menggunakan uang pribadi untuk membayar hutang. Namun perlu menjadi catatan adalah jangan mencairkan investasi untuk melunasi hutang. Apalagi jika investasi tersebut untuk keperluan jangka panjang di masa depan. Lebih baik gunakan solusi dari point 1 atau 2 terlebih dahulu.

Baca Juga: Mulai Berinvestasi! Pahami Manfaatnya

4. Menjual Barang Pribadi Yang Sudah Tidak Terpakai

Punya barang yang sudah tidak terpakai? Solusi tepat di bandingkan menumpuk dan tidak terpakai, alangkah baiknya jika barang tersebut bisa kita jual dan bisa menambah pundi-pundi uang tambahan. Jika kita hitung maka total pemasukan pun akan sangat lumayan kalau semakin banyak barang yang terjual.

Cara mudahnya adalah kita bisa menjualnya lewat online. Dengan melalui e-commerce atau sosial media pribadi sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

5. Mengajukan Keringanan Hutang

Jika memang keadaan keuangan kita sudah benar-benar terpuruk, maka solusi lainnya adalah cobalah untuk melakukan negosiasi hutang tersebut. Agar bisa mengurangi nominal hutang, Namun pengurangan di sini bukan mengurangi jumlah pokok. Melainkan biasanya adanya penghapusan biaya-biaya seperti administrasi, bunga maupun denda keterlambatan.

Jika di perlukan sertakan bukti-bukti kondisi keuangan saat ini, agar negosiasi bisa di terima oleh pihak bank atau pemberi pinjaman.

Sesulit apapun kondisi keuangan, hutang cicilan tetap harus di bayarkan sampai lunas. Jika di rasa sulit gunakan cara melunasinya versi kita sendiri, tentunya yang paling mudah namun efektif untuk di lakukan. Yang hasilnya bisa mengurangi porsi hutang.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *