Penyebab Asam Lambung Naik

Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari Mengkonsumsi Berlebihan Makanan Dan Minuman Ini

Penyebab Asam Lambung Naik – Asam Lambung dapat terjadi dikarenakan mulai dari pola makan, berat badan yang berlebih, keadaan hamil, hingga adanya komplikasi penyakit tertentu. Selain itu Penyebab Asam Lambung Naik karena melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau yang biasa di sebut juga Lower Esophageal Sphincter (LES). otot ini akan mengendur pada saat makan, sehingga makanan dari kerongkongan bisa masuk ke dalam lambung. 

Setelah makanan turun ke lambung, otot ini pun akan menutup sehingga yang terjadi makanan tidak bisa kembali ke kerongkongan. Kemudian apabila otot LES lemah, kerongkongan akan tetap terbuka yang menyebabkan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan. Naiknya asam lambung merupakan kondisi yang umum terjadi namun dapat menimbulkan nyeri pada ulu hati. 

Baca Juga: Ini Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab Asam Lambung Naik, Hindari Mengkonsumsi Berlebihan Makanan Dan Minuman Ini

1. Makanan Tinggi Lemak Atau Gorengan

Pada sebagian besar orang, jenis makanan atau minuman tertentu bisa menjadikan asam lambung naik, terutama pada jenis makanan gorengan serta yang mengandung kadar lemak yang tinggi. Hal tersebut di sebabkan karena terjadinya pelemahan sfingter esofagus yang akan menyebabkan asam lambung rentan naik kembali dari perut ke kerongkongan. 

Berikut beberapa jenis makanan yang perlu kalian hindari untuk di konsumsi berlebihan: Jerohan dan lemak daging sapi, babi, kambing Daging olahan seperti ham, smoked beef, burger, dll. Keripik dan kerupuk Aneka saus dan mayones.

2. Buah Dan Sayur Bercitarasa Masam

Buah dan sayur memang asupan penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dan sebagai salah satu asupan makanan yang sehat. Namun, ada juga beberapa buah dan sayur terutama yang memiliki citarasa yang masam seperti tomat, jeruk, jeruk bali, lemon, jeruk nipis, nanas perlu di hindari untuk mengkonsumsinya secara berlebihan agar asam lambung tidak naik.

3. Minuman Berkafein, Soda Dan Makanan Olahan Susu

Jenis minuman seperti kopi, teh dan soda merupakan salah satu pemicu asam lambung bisa naik, ada beberapa orang yang mengeluhkan asam lambung terasa naik ketika meminum berkafein.

Selain itu minuman bersoda juga dapat meyebabkan asam lambung naik itu di karenakan kelembung karbonasi dapat mengembang di perut. Dan ada juga beberapa penderita masalah lambung yang merasakan perut kembung dan asam lambung naik setelah mengonsumsi produk susu seperti susu, keju, krim, dan es krim.

4. Bawang dan Makanan Pedas

Makanan pedas dan tajam, seperti bawang dan bawang putih, bisa memicu gejala mulas pada kebanyakan orang. Meski makanan-makanan ini sebenarnya tidak memicu naiknya asam lambung pada kebanyakan orang, tetapi tetap harus mewaspadainya. Ini juga bisa berlaku untuk makanan pedas, yang mungkin akan mengganggu lambung lebih buruk dari makanan lainnya.

Baca Juga: Ciri Payudara Sehat Dan Normal

5. Cokelat

Mengkonsumis cokelat berlebihan pun terbukti menyebabkan asam lambung naik. Karena dalam kandungan Cokelat terdapat kafein dan stimulan lain seperti theobromine, yang menyebabkan refluks. Selain itu di ketahui cokelat pun makanan tinggi lemak, lemak dapat menyebabkan refluks. Secara teoritis, cokelat hitam tidak seburuk cokelat susu yang tinggi lemak, tetapi sebaiknya tetap menghindari semua jenis coklat. 

6. Alkohol

Selain sangat buruk untuk kesehatan, minuman keras, dan anggur berkontribusi terhadap penyebab terjadinya asam lambung naik. Banyak mengkonsumsi minuman beralkohol tidak terlalu asam, namun alkohol di yakini melonggarkan katup di bagian bawah kerongkongan yang mengarah ke refluks. Selain itu meminum alkohol yang di campur dengan minuman lain seperti jus jeruk dan soda perlu di hindari.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam lambung naik sehingga kalian bisa mencegahnya. Jika kalian sudah mengurangi makanan atau minuman yang menyebabkan asam lambung naik tetapi tetap bertambah parah, sebaiknya kalian segera periksakan diri kedokter agar bisa segera di tangani. 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *